SEKILAS INFO

Pendidikan Lingkungan Taman Kanak-Kanak (TK) Di Arboretum Mandapa

Balai Diklat LHK Kadipaten 08 Jun, 2022 BERITA, SLIDE

Balai Diklat LHK Kadipaten menerima kunjungan dari Taman Kanak-kanak (TK) Negri Pembina dan Taman Kanak-kanak (TK) Budi Asih V pada Rabu 08 Juni 2022 di Hutan Diklat Mandapa (Arboretum Mandapa), dipandu oleh Jejen Zaenal Muttaqin , Boby Budi Sutrisno dan Yusuf Nadiharto. Kegiatan kunjungan tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari 5 guru, 35 siswa-siswi dari TK Negri Pembina, dan 3 orang guru, 25 siswa-siswi dari TK Budi Asih V.

Kegiatan tersebut dimulai pukul 08.00 WIB bertempat di areal parkir Arboretum Mandapa . Setelah mereka turun dari mobil dan langsung berbaris bersama kelas masing-masing. Semua anak-anak berbaris di areal parkir. Interpreter/pemandu dari pengelola KHDTK Sawala Mandapa menyambut dan memperkenalkan diri serta memberi arahan dan penjelasan kepada anak-anak pada saat nanti mengikuti kegiatan pendidikan lingkungan (dikling). anak-anak pun tertib dan antusias.

Keseruan pun dimulai, peserta dikling dan Guru memasuki kedalam hutan via jalur Interpretasi, Pemandu menjelaskan profil singkat Balai Diklat Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kadipaten dan KHDTK Hutan Diklat Sawala Mandapa. Disana peserta diajak merasakan suasana hutan dengan memejamkan mata sambil menghirup udara segar dan mengeluarkannya.

Setelah itu peserta disuruh ambil tumbuhan/tanaman kecil lalu pemandu menjelaskan mengenai bagian bagian tumbuhan yang terdiri dari Akar, Batang, Daun serta kegunaanya.

Selain di kasih materi peserta juga di kasih semacam permainan atau ice breaking supaya bisa mengembalikan daya konsetrasi peserta saat pembelajaran.

Setelah ice breaking pemandu menunjukan pohon dari yang terkecil sampai ke yang besar seperti menunjukan pohon khaya bengkalis, pohon kigelia, mawar gunung, sonokeling dll.

Selanjutnya peserta di arahkan ke kelas terbuka, disana peserta diberi wawasan mengenai flora/hewan yang ada di arboretum mandapa. Lalu peserta dikasih selembaran gambar-gambar hewan yang nantinya peserta isi untuk membedakan jenis-jenis hewan berdasarkan tempat hidupnya dengan melingakari gambar hewan yagng hidup di air, segiempat hidup di darat, segitiga yang hidup di air dan di darat.

Selanjutnya peserta diperbolehkan beristirahat/makan, lalu peserta di ingatkan untuk jangan buang sampah sembarangan, pemandu mengarahkan peserta untuk buang sampah sisa makanannya ke tong sampah sambil pemandu menjelaskan perbedaan sampah organik dan non organik sehingga para peserta dapat membedakan jenis-jenis sampah serta mengerti dan memahami betapa pentingnya menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan.

Selanjutnya para peserta mengikuti kegiatan mewarnai di areal terbuka di Arboretum mandapa.
Setelah melakukan kegiatan mewarnai, peserta istirahat sebentar dan kembali pulang ke sekolah pada pukul 11.00.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Youtube

ARSIP

Youtube

ARSIP